Kini Tsaqofah Edisi 37 akan Beredar diseluruh toko toko Indonesia yang ada di Riyadh, atas partisipasinya dalam berlangganan kami tak lupa haturkan ribuan terima kasih

Anugerah-Mu



Bangun fajar untuk menunaikan ibadah shalat. Selesai wirid dan tilawah, kulihat mentari mulai terbit dan menyinari segenap alam. Subhanallah, betapa indahnya mentari di pagi hari, ditemani hembusan angin nan sejuk. Merduanya kicau burung saling bersautan. Awan mulai terlihat cerah. Kulihat burung berterbangan. Sungguh indah ya…, Rabby.
Ya… Ilahi, betapa besar anugerah dan karunia yang kau berikan kepada makhluk ciptaan-Mu. Semoga apa yang kurasakan dan kinukmati di setiap pagi dapat kuraih di hari akhir nanti. (05598226xx)

Kiat Menjadi TKI Sukses
Ada 3 cara menjadi TKI sukses: 1) keyakina kepada janji dan jaminan Allah, 2) kegigihan meluruskan niat dan menyempurnakan ikhtiyar (usaha), 3) Bersikap jujur dan amanah. Dengan ketiga syarat itu insya Allah kit akan sukses menjadi TKI. Percayalah, sebelum kita lahir rejeki sudah disiapkan oleh Allah Swt Yang Maha kaya (Felly – 05578005xx)

Tips Hindari Kejahatan
1.    Kita harus percaya diri pada semua orang. Curiga boleh, tapi menuduh, jangan.
2.    Waktu memulai kerja, berdoalah pada Allah agar selalu diberi keselamatan
3.    Kalau kita bekerja sebagai driver, sebelum pergi jauh, cek dulu kondisi mobil kita, termasuk mengecek kelengkapan mobil. Bila ada kekurangan atau ada barang di dalam mobilyang mencurigakan, segera beritahu majikan.
4.    Kalau kita jadi sopir di Indonesia, kemudian pergi malam hari atau lewat di jalan sepi, lalu tiba-tiba ban kempes di jalan (bukan ban pecah), ushakan jangan langsung berhenti di tempat sepi. Carilah tempat sedikit ramai atau aman, demi menghindari jebakan orang yan berniat jahat pada kita. Sebab bisa jadi ban mobil kita terkena ranjau aku malam hari yang dipasang penjahat dan bermaksud akan menodong kita di jalan.
5.    Kalau kita jadi sopir saudi (termasuk juga di Indonesia), saat diperjalanan –misalkan—pintu mobil kita digedor-gedor orang lain (terutama anak muda saudi), tolong jangan langsung membuka pintu atau buka jendela, tapi teleponlah majikan terlebih dahulu bahwa kita sedang mengalami bahaya. Sebab bisa jadi orang tadi mau berniat jahat pada kita. (kiriman  dari 05630716xx) 
Bersikaplah Tawadlu kepada-Nya
Wahai kawan-kawan (sesama TKI), Jika kita menjadi hamba-Nya semata maka kita akan memperoleh kedudukan yang tinggi, melebihi kedudukan semua makhluk. Tapi jika kita menolak   pengahambaan dan berpura-pura tidak mengetahuinya maka kita akan menjadi hamba yang hina, sekalipun di depan makhluk-makhluk yang lemah. Begitu pula jika kita sombong, merasa kuat, dan membanggakan diri dengan kemampuan kita (mengabaikan doa dan tawakal), apalagi menyimpang dari jalan kebenaran maka hakekatnya kita adalah makhluk yag lemah, bahkan lebih lemah dari semut atau lalat, sekalipun. (05439150xx)

Akronim Langka
Maaf  pembaca, kenalkan, saya Hadi Priyono darah Surabaya. Ada singkatan unik dari saya, DUIT itu singkatannya bisa begini: D= Doa, dzikir, dan dakwah; U= Usaha, ukhuwah, umat Islam; I = Iman, Islam, Ihsan, dan Ikhlas; T= Taqwa, tawakal, dan tawadhu (05439150xx)

Mau tahu singkatan lain dari kata "SELINGKUH"? Setan-setan Enakin Laki-laki Indo-inlander Napsu ngGak Kontrol & Umbar Hiburan (05630716xx)

Tanggapan Dari Cah Pati
Menaggapi konfirmasi pembaca tentang surat pembaca berjudul 'Jangan Ajari Itik Berenang', dengan ini saya sampaikan beberapa hal:
1.    Pemberantasan 'bajul', mungkin pihak berwajib lebih mengerti. Maaf saya cuma pembokat (bahasa gaul)
2.    Saya setuju, jika kebetuan kita (TKL) yang menemukan TKW kaburan, saran saya, antarkan langsung ke KBRI. Jangan disimpen dulu. Jangan mentang-mentang kaburannya cakep lalu kita manfaatkan kesempatan dalam kesempitan
3.    Jika kita punya inisiatif dan ingin imbalan, setidaknya kita harus bersikap manusiawi, misal jasa kita diganti dengan uang, tapi setelah TKW bekerja (karena mungkin dia tak punya uang).
4.    Alhamdulillah, status saya TKI resmi, bukan kaburan dan tak ada niat untuk kabur, demi mengemban amanah keluarga.
5.    Semua hanya masukan dari saya. Maaf bila ada yang kurang berkenan. Dan kepada Redaksi Tsaqofah, ke depan, kalau Anda pembaca yang minta no HP, sebaiknya kofirasi dulu kepada yang punya, sebelum dikasihkan. Tapi yang jelas, jempol dua buat Tsaqofah) (Dari cah Pati – 05653270xx)

Keprihatinan Mas Anang
Republik takut menegakkan kepala (harga diri) hanya karena khawatir kehilangan devisa. Republik memberikan kebebasan pada warganya untuk menjadi pekerja pengahasil devisa.
Dan masalah TKI yang selalu dibahas Tsaqofah hanyalah borok dan efek dari akibat banyaknya perempuan yang dikirim ke luar negeri tanpa mahram, tanpa skill, juga karena minimnya perlindungan (Dari Anang Husen exit 9, pengamat maslah TKI seperti Mas karmin – 05642759xx)

Katak Dalam Kotak
Dalam sebuah kotak terdapat katak yang dipelihara oleh seseorang sehingga tumbuh dewasa. Seperti katak pada umumnya, pada suatu hari, katak meloncat  mengitari kotak tempat biasa ia tinggal. Setiap kali meloncat, katak tadi terbentur kotak tersebut. Dan begitu seretusnya

Suatu siang, katak dilepas dari kotaknya. Selama di lepas, katak meloncat sesuka hati. Di perjalanan sang katak bertemu denan katak dari sawah  yang  hidup di alam bebas. Kata katak yang biasa hidup di dalam kotak, “Loncatan kamu ko' lebih tinggi dari saya. Dimanakah selama ini kamu tinggal?” 

Wahai sobat, kita semua mungkin punya karya lebih  dari yang kita kerjakan. Tapi setiap ada kendala kita sering menyerah begitu saja tanpa mau memperbaikinya. Mestinya, kita merubah sikap kita selama ini, agar menjadi lebih baik lagi.

Kisah di atas memberikan contoh bahwa kita mesti berusaha semampu kita & tidak menyerah pada keadaaan yang membatasi ruang gerak kita selama ini, agar kita bisa lebih kreatif dan maju seperti orang lain. Jadi, jangan cepat merasa puas seperti katak yang hidup di dalam kotak. So, jangan pernah berhenti untuk mencoba dan selalu mencoba (selama masih dibenarkan oleh agama)  (Mahfudhoh)

Comments :

0 komentar to “Anugerah-Mu”

Posting Komentar

Majalah Islam Tsaqofah

 

Copyright © 2009 by Majalah Islam Tsaqofah