Kini Tsaqofah Edisi 37 akan Beredar diseluruh toko toko Indonesia yang ada di Riyadh, atas partisipasinya dalam berlangganan kami tak lupa haturkan ribuan terima kasih

Benjolan Kecil Di Punggung

Diasuh Oleh : dr. Lutfiah Basalamah
  
Pertanyaan : 
Bu Dokter, sewaktu saya masih gadis, saya sering makan bakso, bahkan tiap hari kadang sampai 3 kali. Sekarang di punggungku ada benjolan kecil, seperti daging tumbuh. Sewaktu kuceritakan pada teman, katanya itu akibat kebanyakan makan bakso sewaktu muda. Bu Dokter, apakah kebanyakan makan bakso bisa mengakibatkan daging tumbuh? (05652541xx)

Jawab:
Tidak. Namun sebaiknya benjolan di punggung dipemeriksa oleh dokter untuk mengetahui jenis penyakit dan pengobatannya.

Seputar Panyekit Ambeien
Tanya :
Assalamu'alaikum ww. Bu Dokter, usia saya 34 tahun. Sudah 12 tahun menjanda, karena sibuk dengan pekerjaan saya sebagai PLRT di saudi, juga karena pernah trauma menikah. Takut gagal lagi. Saat ini, saya, kalau datang bulan, keluar darahnya cuma sedikit. Apakah saya sudah terkena menopause. Bila saya menikah lagi, apakah masih mungkin saya punya anak? Terima kasih atas jawaban bu Dokter. (05347047xx)

Jawab :
Mba yang sholihah, menopause biasanya terjadi pada sekitar usia 50 tahun. Jadi jangan khawatir Insya Allah, mbak masih bisa punya anak. Yang penting dipastikan dahulu bahwa haid yang sedikit masih dalam batas normal dan tidak ada kelainan pada alat reproduksi. Pemeriksaannya sebaiknya oleh seorang dokter. Semoga diberi anak yang sholih/lihah yah mbak.

Seputar Panyekit Ambeien
Tanya :
Bu Dokter, saya mau tanya, penyakit ambeien itu apa? Gejalanya apa saja? Berbahaya tidak? Terus cara penyembuhannya bagaimana? Apa ada cara lain selain dioperasi? (05311478xx)

Jawab :
Penyakit ambeien adalah penyakit pelebaran pembuluh darah vena (pembuluh balik) di daerah dubur. Penyakit ini sering disebut juga penyakit wasir. Gejalanya antara lain: perdarahan saat BAB, rasa nyeri, panas dan mengganjal. Berbahaya atau tidak, tergantung derajat penyakitnya. Jikalau masih ringan, insya Allah tidak berbahaya. Yang perlu diperhatikan akibat dari perdarahan lama adalah timbulnya anemia. Cara penyembuhan bermacam-macam, tergantung gejala dan derajatnya. Penyakit ambeien tidak selalu harus dioperasi. Yang penting adalah anda memperbanyak konsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah agar tidak sering kambuh. Untuk lebih jelas, silahkan baca konsultasi kesehatan Tsaqofah no 35 yang lalu . Semoga bermanfaat!

Pinggang Sakit, Migren, & Gangguan Haid
Tanya :
Assalamu'alaikum, bu Dokter. Bu, saya mau bertanya 3 hal: 1) Pinggang dan perut saya sering sakit. Apakah ini ada hubungannya dengan sakit maag saya? Atau mungkkin ini gejala usus buntu? 2) Kepala saya sering migrain, di wajah juga tumbuh flek-flek hitam, obat apa yang bagus untuk menyembuhkan kedua penyakit itu? 3) usia saya sudah 40 tahun. Saya pakai kontrasepsi planotab. Tapi bila saya minum, dalam 3 bulan haid saya keluar sedikit. Kemudian 3 bulan berikutnya tidak makai kontrasepsi, haid jadi lancar. Apakah itu masih tergolong normal atau baik untuk kesehatan? Atas jawaban bu Dokter, saya haturkan terima kasih (Ummu Sarwo Edi, Madiun - 05347154xx).

Jawab :
Ummu Sarwo Edi yang baik,
1. Sakit pinggang dan perut bisa saja berhubungan dengan sakit maag, atau bisa juga tidak. Hal ini tergantung bagian perut mana yang sakit? Karena sakit maag biasanya di ulu hati atau bagian perut kiri atas. Bisa juga sakit pinggang/perut itu merupakan gejala usus buntu (belum pasti). Karena gejala usus buntu biasanya: sakit di perut bagian kanan bawah, sulit BAB dan demam. Namun, untuk memastikan tentunya perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan. Silahkan lihat juga konsultasi kesehatan Tsaqofah no 34 lalu.
2. Untuk mengatasi migren, selain menggunakan obat-obatan penghilang nyeri, juga sebaiknya menghindari faktor-faktor pencetus seperti: kurang istirahat, stress, makanan mengandung MSG, coklat, dll.
Untuk mengatasi flek-flek (noda) di wajah, harus di ketahui apa penyebabnya. Mungkin saja penyebabnya adalah pengunaan kosmetik, kontrasepsi hormonal, atau karena sinar matahari. Gunakanlah krim khusus penghilang flek dan gunakan krim tabir surya pada siang hari. Sebaiknya meminta saran dokter untuk menghindari krim yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau menghindari banyaknya krim yang mengandung bahan berbahaya (seperti: merkuri).
3. Memang penggunaan kontrasepsi hormonal, seperti pil atau suntik sering menggangu haid. Jadi, jika penggunaan kontrasepsi tersebut dihentikan dan haid kembali lancar, maka insya Allah hal tersebut masih tergolong normal.

Cara Melangsingkan Badan
Tanya :
Ibu dokter yth, saya mau konsultasi, bagaimana caranya untuk melangsingkan badan? Jujur, berat badan saya sekarang 60 kg (kurang ideal). Bu Dokter, adakah obat yang ampuh untuk menurunkan berat badan? (Dera, Bandung -05612529xx)

Jawab :
Cara melangsingkan berat badan memang tidak bisa dilakukan secara instant (sekejap). Yang perlu dilakukan adalah:
1. Mengatur diet anda, seperti mengurangi makanan berlemak. Perbanyak konsumsi sayur dan buah dll.
2. Olah raga teratur.
3. Jika anda mau mencoba bisa dibantu dengan terapi akupuntur.
Mengenai obat memang ada obat-obatan yang dapat menurunkan berat badan. Namun, saya tidak menyarankan penggunaannya, mengingat efek samping yang cukup serius dari beberapa obat-obatan tersebut.

Mengatasi Penyakit Eksim
Tanya :
Assalamu'alaikum ww. Bu Dokter yth, saya punya masalah dengan kulit saya. Usia saya kini 37 tahun. Waktu kecil saya punya penyakit exim di kaki, tapi sudah pernah sembuh. Tahun 1998 penyakit itu datang lagi sampai sekarang. Sering diobati, bahkan pernah berobat ke dokter spesialis kulit. Kalau lagi kambuh muka dan kepala saya pun ikut terasa gatal. Kalau di Indonesia biasanya saya obati dengan Harsen. Memang sembuh, tapi habis obat, kambuh lagi. Apa ada masalah dengan darah saya? Sewaktu di medical sih, darahnya saya, katanya tak masalah. Kira-kira menurut bu Dokter, ini penyakit apa dan kemana lagi saya harus berobat? (05358492xx).

Jawab :
Penyakit eksim memang termasuk penyakit yang sering kambuh atau di sebut penyakit yang bandel. Jadi pertama-tama, anda harus sabar. Saudara juga harus mengetahui, bahwa factor-faktor pencetus eksim untuk tiap orang bisa berbeda-beda. Faktor tersebut antara lain: makanan, stress, debu dll. Makanan bisa saja dari jenis ikan, udang, terasi, coklat dll. Stress adalah faktor yang sering tidak disadari. Udara yang berdebu, atau juga bahan baju, sandal, sabun, krim, obat-obat tertentu juga bisa menyebabkan eksim kambuh lagi. Jika hasil lab menyatakan darah anda tak bermasalah, maka saudara tidak perlu cemas. Penyakit ini termasuk penyakit alergi. Berobat ke dokter umum atau kulit merupakan cara yang sudah tepat. Namun, untuk menghindari kambuh lagi, penting sekali anda memperhatikan faktor-faktor pencetus. Semoga ALLAH SWT memberi kesembuhan kepada anda.

Kiat Jitu Agar Berhenti Merokok
Tanya :
Assalamu'alaikum. Ibu dokter Lutfia, pengasuh rubrik konsultasi kesehatan, tolong berikan sugesti pada saya, bagaimana kiat untuk berhenti merokok. Terima kasih (05652804xx).
Sdr X yng baik, saya sangat mendukung niat anda yang sangat baik untuk berhenti merokok ini. Jika anda mau, maka anda pasti bisa.
Pertama-tama, anda harus punya tekad yang kuat untuk benar-benar ingin berhenti. Karena memang dalam rokok ada zat nikotin yang menyebabkan efek ketagihan. Inilah yang menyebabkan orang susah melepaskan kebiasaan merokok. Ingat, rokok merusak hampir seluruh organ dalam tubuh anda, mulai dari otak, menyebabkan stroke, penyakit jantung, kerusakan jaringan paru-paru, kanker paru-paru, merusak organ reproduksi dll. Hampir semua bahan yang terkandung dalam rokok adalah zat-zat yang berbahaya (racun). Apakah tega anda merusak diri anda dengan tiap hari memasukkan racun? Ingat, dengan mengisap rokok berarti anda mezhalimi diri, anda tidak bersyukur pada nikmat ALLAH, anda merusak pemberianNYA yang sangat sempuna. Belum lagi dampak pada lingkungan sekitar istri, anak, teman-teman ikut anda racuni dengan asap rokok tersebut. Kasihan mereka menjadi korban! Ingatlah, muslim yang baik adalah yang bermanfaat untuk orang lain! Jika kita belum bisa melakukannya, minimal kita tidak mezhaliminya. Yakinlah usaha yang anda lakukan dan memperbanyak berdoa kepada Allah. Insya Allah anda pasti bisa! Dan anda pasti akan merasakan manfaat yang besar. Saya banyak menemukan pasien yang paru-parunya rusak karena rokok tapi sayang, sudah sulit diperbaiki meskipun dengan segala macam pengobatan. Nah, sebelum terlambat lakukan penghentian merokok sekarang juga. Anda bisa juga membaca pengalaman orang-orang yang berhasil berhenti merokok di majalah atau konsultasi ke klinik-klinik berhenti merokok.
Selamat berjuang saudaraku! Insya Allah mendapat nilai ibadah!

Rasa Sakit Saat Datang Haid
Tanya :
Assalamu'alaikum. Apa kabar, bu Dokter? Ada yang mau saya tanyakan. Semoga Ibu berkenan menjawabnya. Bu, saya seorang gadis, usia 26 tahun. Waktu haid datang, di hari-hari pertama, keluarnya sering tidak lancar. Terkadang dibarengi dengan sakit perut dan terasa sakit (maaf) di bagian bawah perut (di atas kemaluan). Begitu pula di bagian pinggal belakang terasa seperti ditusuk-tusuk. Apakah haid saya masih tergolong normal atau ada masalah? Terus, apa yang harus saya lakukan ketika rasa sakit di atas datang? (Fatmah – 05352741xx).

Jawab :
Adik Fatmah yang sholiha,
membaca sepintas keluhan anda sepertinya haid anda masih normal. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan senam, hindarilah stress, dan lakukan relaksasi (menenangkan diri, rileks). Juga minumlah vitamin-vitamin. Dan jika sangat mengganggu, dik Fatimah bisa minum obat penghilang nyeri seperti Paracetamol atau Ibuprofen. Jika keluhan tersebut masih berlanjut, sebaiknya dik Fatimah lakukan pemeriksaan ke dokter.

Wajah Terkena Bintik-Bintik Hitam
Tanya :
Assalamu'alaikum ww. Bu Dokter yang baik, saya ibu rumah tangga, usia 34 tahun. Dok, di wajah saya terdapat bintik kehitam-hitaman seperti tahi lalat, padahal saya tidak gonta-ganti cream. Sudah saya obati dengan cream "ped out", tapi tidak hilang juga. Bagaimana ya Dok, cara mengatasinya agar bintik-bintik tersebut bisa hilang? Kira-kira menurut bu Dokter, penyebab timbulnya bintik-bintik tadi karena faktor apa? (Felly – 05578005xx)

Jawab :
Saudari Felly yang cantik dan sholiha, bintik- bintik hitam di wajah disebabkan oleh banyak hal. Antara lain: genetic (keturunan), usia, paparan sinar matahari, pemakaian kosmetik, dll. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan krim tabir surya untuk pagi dan siang hari. Atau juga memakai krim penghilang bintik hitam pada malam hari. Sebaiknya atas rekomendasi dokter. Bisa juga di tambah dengan masker wajah dan banyak mengkonsumsi sayur serta buah-buahan. Semoga wajah mbak Felly makin segar

Rambut Rontok, Manfaat Wortel, & Badan Ideal
Tanya :
Bu Dokter, saya mau tanya beberapa hal. Pertama, bagaimana cara mengatasi rambut rontok? Kedua, pada umumnya wanita tidak suka gemuk. Umur saya 29 tahun, tinggi 160. Berapa berat badan yang ideal buat saya? Ketiga, saya suka makan wortel mentah. Menurut Ibu, makan wortel itu bagusnya mentah atau matang? Keempat, adakah cara membikin paha agar terlihat ideal? Kelima, jam berapa waktu yang baik buat olah raga? (05514338xx)
Adik X yang sholihah,
1. Untuk mengatasi rambut rontok ada beberapa hal yang bisa anda lakukan:
 Perbanyak konsumsi makanan bergizi, terutama yang mengandung protein dan zat besi.
 Oleskan conditioner yang mengandung ginseng.
 Gunakan shampoo yang extra ringan atau mengandung ginseng.
 Hindari penggunaan air panas saat keramas. Gunakan air hangat-hangat kuku atau air dingin.
 Keringkan rambut dengan diangin-anginkan. Jangan menggunakan hair dryer atau menggosok kuat-kuat dengan handuk
 Gunakan hair tonic untuk menyuburkan rambut.
 Hindari penggunaan gel rambut, pewarna atau spray rambut.
2. Menghitung berat badan ideal ada beberapa rumus. Seperti rumus Broca atau berdasarkan IMT (Indeks Massa Tubuh). Rumus yang sederhana anda bisa mencobanya sbb: 0,9 x [Tinggi badan - 100]. Jadi berat badan ideal anda yang memiliki tinggi 160 cm dengan hitungan sederhana ini adalah sekitar 54 kg.
3. Makan wortel lebih baik dalam keadaan mentah, karena vitaminnya masih belum dirusak oleh pemanasan.
4. Cara membuat paha ideal adalah dengan senam khusus untuk paha.
5. Waktu yang baik untuk olah raga adalah pada pagi (karena udara kaya akan oksigen) atau di sore hari. Hindarilah berolahraga saat suhu udara terasa terlalu panas. Bila udara terlalu dingin gunakanlah pakaian yang tepat untuk berolah raga.

Selamat mencoba! Semoga Allah menganugrahi anda tidak hanya keindahan fisik tapi juga keindahan hati dan perilaku. amin!!

Comments :

0 komentar to “Benjolan Kecil Di Punggung”

Posting Komentar

Majalah Islam Tsaqofah

 

Copyright © 2009 by Majalah Islam Tsaqofah