Kini Tsaqofah Edisi 37 akan Beredar diseluruh toko toko Indonesia yang ada di Riyadh, atas partisipasinya dalam berlangganan kami tak lupa haturkan ribuan terima kasih

Ingin Pulang Malah Dipukul Orang Kantor


 Oleh : Mustofa Kamal, M.Si
(Bapak Atase Ketenagakerjaan KBRI Riyadh, Saudi Arabia)
                                           

Permasalahan saudara anda kepada Bagian Ketenagakerjaan KJRI Jeddah, karena Kota Madinah adalah Wilayah Akreditasi KJRI Jeddah dan itu akan membantu penyelesaian permasalahan lebih cepat. Nomor telepon KJRI Jeddah : (02) 6711271, No. Faks: (02) 6730957 – 6730205.

Pertanyaan:
.    Pak, nama saya Ica bt Duloh. Saya TKW dari PT AlFindo. Aku di sini pernah terkena penyakit pendarahan. Lalu saya minta pulang. Eeh…, malah dibawa ke kantor. Sampai di kantor (karena minta pulang) malah dipukul oleh orang kantor. Aku mohon pertolongan Bapak, bagaimana agar saya bisa pulang? (05642747xx).

Jawaban:
    Kami ikut perihatin terhadap permasalahan yang anda hadapi, kami akan membantu anda, oleh karenanya silahkan kirimkan data lengkap majikan anda (nama majikan, No. ID majikan,  nomor telepon/HP majikan). Jangan lupa sampaikan juga nama oknum (kantor) yang telah melakukan pemukulan kepada anda ke KBRI Riyadh.

        Saya Dua Kali Diusir Majikan
Pertanyaan :
2.    Assalamu'alaikum. Pak, apa yang harus saya lakukan bila majikan tak bertanggung jawab. Saya diusir dua kali hanya karena kesalahan sepele. Saya disuruh bawa mobil tanpa dibikinkan SIM. Jelas sering kena tilang polisi. Kemudian saya mengundurkan diri untuk tidak mau bawa mabil lagi, karena majikan tidak mau membikinkan SIM. Lalu saya minta pulang. Eh…, majikan tidak mau memulangkan. Malah saya dibiarkan terkatung-katung, sampi saya tidurnya pindah dari satu teman ke teman yang lain. Pernah minta kerja di luar, malah iqomah saya diambil, padahal saya sudah bicara baik-baik pada majikan. Sampai sekarang majikan tak pernah menghubungi saya. Sepertinya sudah tak peduli lagi. Saya mohon masukan dari  Bapak, sebaiknya saya harus bagaimana?  (05301564xx).
Jawaban:
Kami ikut prihatin terhadap permasalahan yang anda hadapi, kami sarankan anda melaporkan permasalahan anda kepada agency (perwakilan PPTKIS) yang menempatkan anda dan minta agency tersebut untuk menyelesaikan permasalahan anda. Apabila agency tersebut tidak mau membantu anda, silahkan anda laporkan nama agency tersebut kepada KBRI Riyadh.

9 Tahun kerja, Tapi Belum Bisa Pulang
Pertanyaan :
3.    Assalamu'alaikum. Saya penggemar saqofah. Saat ini saya punya masalah. Mungkin Bapak bisa membantu saya. Saya punya saudara, sudah 9 tahun kerja di kota Madinah. Tapi beberapa kali minta pulang, sampai sekarang majikannya tidak mau memulangkan. Gajinya masih tersisa 28 bulan (yang belum dibayar). Sudah berbegai cara kami lakukan, termasuk melaporkan masalah ini ke KBRI. Tapi sampai sekarang tetap belum bisa pulang. Jadi mohon pendapat, bagaimna caranya agar saudara saya tadi bisa segera pulang ke Indonesia? (05010805xx).

Jawaban:
     Kami ikut prihatin dengan permasalahan yang dihadapi oleh saudara anda, kami sarankan anda untuk melaporkan
        Bertanya Seputar Exit & Gaji Sopir
Pertanyaan :
4.    Bapak pengasuh konsultasi TKI yang terhormat, ada dua pertanyaan yang ingin saya ajukan. Pertama, saya dengar dari beberapa teman bahwa aturan sekarang, kalau sopir pulang exit tidak bisa kembali lagi ke Saudi, kecuali setelah 5 tahun. Apa benar aturannya demikian? Kedua, ada informasi dari teman sopir yang baru datang dari Indonesia, dia mengatakan bahwa   gaji sopir katanya sekarang naik menjadi Sr.1.200 (makan dari dalam). Bahkan dia menunjukkan PK, dan di PK tersebut gajinya tercantum Sr.1.200. Apa benar pak, gaji sopir naik jadi Sr.1.200. (05343546xx).
Jawaban:
1.    Bahwa TKI yang tidak bisa kembali ke Arab Saudi adalah TKI yang dipulangkan ke Indonesia melalui:
a.    Penjara,
b.    Tarhil Imigrasi,
c.    Kantor Urusan Ketenagakerjaan Wanita / Markaz Riayah Su'unul Khadimat yang telah diambil sidik jarinya.
2.    Tidak benar bahwa gaji sopir SR. 1.200, gaji sopir masih seperti biasa dan belum ada perubahan.

Comments :

0 komentar to “Ingin Pulang Malah Dipukul Orang Kantor”

Posting Komentar

Majalah Islam Tsaqofah

 

Copyright © 2009 by Majalah Islam Tsaqofah